Minggu, 07 Desember 2014

Jenis Daring

Penggunaan jenis sarana komunikasi akan mempengaruhi keserempakan waktu komunikasi.
Terdapat 2 jenis komunikasi daring.
a.  Komunikasi daring sinkron (serempak)
Komunikasi daring serempak atau komunikasi daring sinkron  adalah komunikasi menggunakan
komputer sebagai media, yang terjadi secara serempak, waktu nyata (real time). Contoh komunikasi sinkron antara lain sebagai berikut:
  •   Text chat
Text chat  adalah sebuah fitur, aplikasi, atau program dalam jaringan  Internet  untuk
berkomunikasi dan bersosialisasi langsung sesama pemakai  Internet  yang sedang daring
(yang sama - sama sedang menggunakan Internet). Komunikasi teks dapat mengirim pesan
dengan teks kepada orang lain yang sedang daring, kemudian orang yang dituju membalas
pesan dengan teks, demikian seterusnya. Itulah proses terjadinya text chatting.
  •   Video chat
Video chat merupakan teknologi untuk melakukan interaksi audio dan video secara real time
antara pengguna di lokasi yang berbeda.  Video chatting  biasanya dilakukan melalui
perangkat komputer maupun tablet atau smartphone (juga disebut telepon video call). Video
chatting  dapat berupa interaksi point-to-point (satu-satu), seperti FaceTime dan Skype, atau
interaksi  multipoint  (satu-ke-banyak, atau banyak-ke-banyak), seperti dalam  Google+
Hangouts.
Video  chatting  sering disalahartikan dengan video conference.  Video  chatting  merujuk pada
komunikasi video di antara dua orang individu (poin to point), sedangkan video conference
mengacu pada komunikasi video di antara 3 pihak atau lebih (multipoint).
b. Komunikasi daring asinkron (tak serempak)
Komunikasi daring tak serempak atau asinkron adalah komunikasi menggunakan  perangkat
komputer dan dilakukan secara tunda. Contoh komunikasi daring asinkron adalah e-mail, forum,
rekaman simulasi visual, serta membaca dan menulis dokumen daring melalui World Wide Web.
.  Komponen Pendukung Komunikasi Daring
Terdapat beberapa komponen yang harus tersedia sebelum komunikasi daring dapat dilakukan.
Komponen-komponen tersebut dapat dikelompokkan menjadi 3 bagian sebagai berikut.
  •  Komponen perangkat keras (hardware)
Perangkat yang bentuknya dapat dilihat ataupun diraba oleh manusia secara  langsung atau
berbentuk nyata. Contoh dari perangkat keras yang diperlukan untuk melaksanakan komunikasi
daring adalah komputer, headset, microphone, serta perangkat pendukung koneksi Internet.
  •  Komponen perangkat lunak (software)
Program komputer yang berguna untuk menjalankan suatu pekerjaan yang dikehendaki. Program
diperlukan sebagai penjembatan antara perangkat akal (brainware) dengan perangkat keras
(hardware). Program-program yang biasa digunakan dalam pelaksanaan komunikasi daring
antara lain: skype, google+ hangout, webconference, dll.
  • Komponen perangkat nalar atau akal (brainware)
Termasuk dalam komponen ini adalah mereka (manusia) yang terlibat dalam penggunaan serta
pengaturan perangkat lunak dan perangkat keras untuk melaksanakan komunikasi daring.

1 komentar:

  1. Casino Player Reviews - JammyHub
    See 100 traveler reviews, 1 candid photos, and videos 강릉 출장안마 taken at Casino Player. 영주 출장안마 Rating: 부산광역 출장안마 4.5 · 군포 출장안마 ‎14,990 reviews · ‎Price range: $ (Based on Average Nightly Rates for a Standard Room from our Partners) 강원도 출장샵

    BalasHapus